Home | Gallery | About Us | Past Event | Sunburst blog | Sunburst Event's |

  Testimonial 
  TOUR Package
  Tas Deuter - special discount
  travelling Tips N Trick
  Destination Info
  tour terms and condition
  Payment (bank account)
  how to joint sunburst event
  post a message
  Contact Us
  download wallpaper
  tell your friend
  video
 

Chat with US :

 
 
   
   

 

 

   
 

  Air Terjun Cibereum

Tempat wisata yang dekat dari jakarta? Mungkin anda harus mempertimbangkan salah satu air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Gede Panggrango (TNGP).

cibereum waterfalls

Air terjun cibereum namanya. Air terjun ini dapat dicapai melalui pintu gerbang taman nasional Cibodas.  


Dinamakan Cibeureum karena konon dulu air yang dialirkannya berwarna merah. Ci (Sunda, artinya air) dan beureum (Sunda, artinya merah). Selain mitos ini, air yang berwarna merah, terdapat juga mitos yang lain yaitu diyakininya keberadaan seorang pertapa yang sedang melakukan laku ritual (bertapa). Curug Cibereum terdiri dari 3 buah air terjun dan terletak di sebuah bibir tebing yang cukup terjal. Yang paling kecil bernama Cibeureum, kemudian yang kedua tetapi paling tinggi bernama Cidendeng dan air terjun terbesar tetapi paling pendek bernama Cikundul.

Pejalanan untuk menempuh air terjun ini tidak memakan waktu yang lama. Jakarta-Bogor-Cibodas memakan waktu sekitar 3 jam (± 100 km) menggunakan transportasi darat. Perjalanan pun sungguh menyenangkan. Kondisi jalan raya puncak yang mulus. Serta hamparan kebun teh merupakan pemandangan yang menyenangkan.

Untuk mencapai air terjun ini kita perlu sedikit berolahraga sepertinya. Karena dari pintu gerbang masuk TNGP kita harus berjalan sejauh 2,8 Km untuk dapat melihat air terjun ini. Perjalanan pun lagi-lagi menyenangkan. Mengapa? Karena kita akan disajikan suasana asri hijau hutan. Dengan udara O2 segar, Kicauan burung. dan suara alami hutan.

Sebagai informasi Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango memang terkenal kaya akan berbagai jenis burung yaitu sebanyak 251 jenis dari 450 jenis yang terdapat di Pulau Jawa. Beberapa jenis diantaranya burung langka yaitu elang Jawa (Spizaetus bartelsi) dan burung hantu (Otus angelinae).

Jalan menuju Air terjun yang memang ditujukan untuk wisata ini pun telah di renovasi. Jalan yang sebelumnya penuh dengan semak belukar, serta jalan tanah yang licin. Sekarang telah menjadi jalanan dengan anak-anak tangga yang mudah untuk dilalui, bahkan sekarang sudah dibuat Jembatan dari kayu untuk memudahkan para wisatawan.

Dalam perjalanan menuju air kita akan menjumpai telaga biru. Telaga ini mempunyai air yang berwarna biru kehijau-hijauan karena di dalam telaga ini terdapat ganggang hidup sehingga membuat nya berwarna biru.

Di jembatan kayu pemandangan pun sungguh indah. Rumput hijau yang tinggi seakan-akan kita berada di sebuah padang rumput. pemandangan gunung yang menjulang tinggi dan langit yang cerah membuat kita seakan-akan berada di bagian dunia yang lain.
Perjalanan memang cukup melelahkan namun rasa lelah itu terbayarkan setelah kita mencapai objek wisata yaitu air terjun cibereum. Gemuruh air terjun. Buih-buih embun air yang bergemericik membuat udara benar-benar sejuk. Menyegarkan sekali. Duduk makan snack dan minum kopi hangat sambil menikmati indahnya air terjun. Tetapi tidak hanya bersantai saja, tentunya kita tidak akan melewati sesi photo-photo bersama teman-teman dekat kita. Dengan latar belakang air terjun. Serta hijau nya dedaunan.


Hatipun senang, wajah tersenyum ceria, itulah hasil dari sebuah petualangan....

 

+Gallery Air terjun cibereum +Adventure Package

 

Destination...

 
   
     

\Sunburst Adventurindo, All rights reserved 2010 | Air Terjun Cibereum