Your Bestfriend for Travel & Adventure Since 2006

Pengalaman Liburan ke Singapura by Ester

Halo semuanya! kali ini saya mau membagikan Pengalaman Liburan ke Singapura 3 hari 2 malam. Trip ke Singapura kali ini dari tanggal 10 – 12 agustus 2019. Puji Tuhan saya bersyukur di beri kesempatan bisa jalan – jalan ke Singapura.

Di hari pertama saya berangkat dari bandara Soekarno hatta jam 11 siang. Saya naik maskapai Air Asia. Perjalanan dari Jakarta – Singapura kurang lebih 2 jam. Saya tiba di Singapura sekitar jam 2 siang. Sesampainya di Singapura, saya cek imigrasi terlebih dahulu. Di bagian imigrasi antriannya sudah panjang sekali, seperti kereta api. Ternyata banyak juga yang berlibur ke Singapura. Saya baru ingat kalo di tanggal 9 agustus Singapura lagi ada national parade day, kalo di Indonesia kayak 17 agustus gitu. Setelah kurang lebih 45 menit antri imigrasi, akhirnya saya on the way ke hotel.

Saya menginap di hotel 81 dickson. Hotel 81 dickson letaknya di Jalan Besar. Namanya memang jalan besar, lokasinya cukup strategis dekat dengan stasiun MRT dan di sekitar hotel juga banyak tempat makan.

Setelah check in hotel dan taruh koper, saya langsung pergi ke bugis street untuk makan siang sekaligus cuci mata. Saya naik bus nomor 130 dari halte bus terdekat di jalan besar menuju ke Bugis. Bugis street ini daerah belanja paling terkenal di Singapore. Bugis itu di bagi 2 bagian, ada yang namanya bugis junction dan bugis street. Kalau di Bugis Junction seperti departemen store yang menjual barang –  barang brand menengah ke atas seperti Charles & keith, converse, adidas, dan masih banyak lagi. Di bugis junction ada bagian out door dan indoor, di Indonesia seperti di Paris Van Java, Bandung. Selain menjual barang2 seperti baju, sepatu, jam tangan, ada juga food court nya di bagian basement.

Kalau bugis street itu shopping street seperti mangga dua. Tapi jauh lebih ramai dan keren.

Disini banyak toko – toko yang menjual fashion non brand, seperti baju PO Bangkok. Selain menjual baju – baju dan sepatu, disini kita bisa membeli souvenir seperti gantungan kunci, coklat, kaos Singapore tapi tidak sebanyak di china town, pagoda street. Nah karna perut saya sudah keroncongan, saya memilih untuk makan dulu di albert centre food court. Lokasinya ada di belakang bugis street, food court ini benar – benar murah meriah. Kita bisa membeli makanan mulai dari 2 dollar, dan pilihannya makanan nya pun cukup beragam. Karna saya masih belum boleh makan yang aneh – aneh setelah paskah sakit cacar air, jadi saya memutuskan untuk makan di seng huat congee, nama tempat makan nya cukup susah ya, saya saja tidak bisa baca nya. Tempat makan ini menjual aneka jenis bubur dan bihun. Saya memilih menu nomor satu, namanya minced pork congee. Bubur nya ada campuran pork dan daun bawang. Memang cukup sederhana, untuk 1 porsi harganya 3 dolar, dan porsinya lumayan banyak. Rasanya cukup enak, pas tidak terlalu asin atau tawar dan daging nya pun empuk. Jika ingin menambah rasa pedas, kita bisa menambah soy sauce yang dicampur dengan potongan cabe rawit.

Lanjut habis makan saya keliling ke bugis street sambil melihat toko – toko yang menjual baju dan souvenir lainnya. Tidak hanya menjual fashion, di bugis street juga ada banyak jajanan yang bisa kita beli. Seperti crepes, waffle, chick it mirip seperti shilin dan masih banyak lagi.

Kemudian saya juga mampir ke Bugis Junction, nah di bagian out door nya ada yang menarik perhatian saya. Yaitu stand hot toys, disini dijual berbagai action figure dari tokoh – tokoh film produksi MCU dan DC. Saya langsung terngangah melihat berbagai action figure di stand ini, apalagi ada action figure iron man yang cukup besar, rasanya pengen saya bawa pulang. Agak lebay tapi memang keren banget! Saya lihat mini action figure nya pun dibuatnya detail sekali. Pengen beli tapi seperti nya harganya mahal sekali huhu.

Setelah dari bugis, saya lanjut ke merlion park. Siapa yang tidak tau merlion? Icon nya kota Singapore,

yaitu patung dengan kepala singa dan badan ikan. Kalau ke Singapore pasti pergi ke merlion park. Perjalanan dari bugis ke merlion di tempuh dengan naik MRT. Akhir nya nyobain naik MRT juga. Dari MRT bugis kita ambil jalur east west, jalur nya warna hijau. Nah kita ambil yang jurusan jurong east, nanti turunnya di raffles place. Sampai di stasiun raffles place, kita perlu jalan sekitar 15 menit ke merlion park. Di sepanjang jalan kita akan melewati Singapore river. Lokasi merlion ada di depan hotel fullerton. Di merlion park cukup ramai, sudah banyak turis – turis yang datang, sayangnya pas saya sampai di merlion park sudah cukup malam, jadi kalo mau foto – foto tidak begitu kelihatan, hanya bisa foto patung merlion nya saja. Tapi tidak apa – apa, karna saya masih bisa melihat city lights Singapore yang indah. Dari merlion park saya bisa melihat hotel marina bay sands, art science museum, esplanade, dan Singapore flyer.

Untuk menutup hari pertama di Singapore saya juga mengunjungi marina bay sands mall. Dari merlion saya naik MRT raffles place, transit dulu ke stasiun marina bay. Baru ganti jalur circle line warna orange jurusan harbour front, lalu turun di stasiun bayfront. Dari harbour front kita tinggal naik escalator menuju ke marina bay sands. Di marina bay sands saya menonton show spectra jam 21:00 . show spectra nya sangat keren dan memukau, kita bisa melihat show air mancur yang dipadu dengan laser dan musik. Show spectra ini berlangsung selama 15 menit. Show spectra ini menggunakan teknologi  yang super canggih, kalau kalian ke Singapore jangan lupa sempatkan diri untuk menonton pertunjukkan masa kini yang spektakuler.

hari kedua Pengalaman Liburan ke Singapura begitu Mengoda

jadwal saya pergi ke sentosa island. Di sentosa island ada berbagai tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Sentosa island ibaratnya seperti di ancol. Di sentosa island kita bisa pergi ke universal studio, sea aquarium, madame, pantai siloso, dan masih banyak tempat wisata lainnya. Saya berangkat dari hotel naik MRT dari stasiun jalan besar ke arah bukit panjang lalu transit di Chinatown. Kemudian mengambil jalur north east warna ungu ke harbour front. Sampai di harbour front, saya lanjut naik bis RWS 8, cukup dengan membayar 1 dolar. Kita akan turun di basement RWS dan tinggal naik escalator ke resort world sentosa.

Ternyata di tanggal 10 agustus ini resort world sentosa cukup padat dan ramai. Cuaca hari itu sangat terik. Pengalaman Liburan ke Singapura Kali ini saya masuk ke sea aquarium. Sea aquarium letaknya tepat di seberang universal studio. Salah satu aquarium terbesar di dunia. Antriannya panjang tapi tidak masalah karna saya sudah punya tiket sea aquarium. Saya tinggal antri untuk masuk ke dalam sea, dan tidak perlu menukar tiketnya, cukup scan barcode saja. Masuk ke sea aquarium kita langsung disajikan pemandangan aquarium yang cukup besar. Terlihat ada sebuah kapal karam dan banyak jenis ikan yang lalu lalang di sekitar kapal ini. Ada sekitar 100 ribuan biota laut dengan 800 – an spesies disini. Desain dan penataan di sea aquarium ini cukup menarik dan interaktif. Saya sudah dibikin betah sejak pertama kali masuk ke sea aquarium. Selain itu ada satu terowongan kaca yang berada persis dibawah akuarium. Kita  bisa duduk – duduk beristirahat sambil melihat langsung kehidupan di dalam akuarium.

Masuk ke dalam sea aquarium, ada open ocean dengan aquarium yang sangat besar layaknya bioskop. Sungguh memukau! Kita pun bisa duduk – duduk sambil ngemil di depan open ocean ini. Selain itu saya juga melihat ubur – ubur yang bisa berganti warna. Benar – benar lucu sekali. Intinya sea aquarium ini sangat bagus, suasananya sejuk, nyaman, aquarium nya pun terawat dan bersih. Pokoknya recommended!

Setelah dari saya sea aquarium, saya mengelilingi daerah sentosa island lainnya dengan monorail sentosa express. Kita tidak perlu membayar tiket lagi. Saya berhenti di imbiah station, disini kita bisa bermain wahana luge & skyline permainan mobil – mobilan veris prosotan dan skyline mirip kereta gantung  yang dimana kaki kita bisa ngegantung. Selain itu kita bisa masuk ke madame tussauds berfoto dengan patung lilin atau naik cable car untuk melihat pemandangan pulau sentosa.

Kemudian kalau di beach station kita bisa menonton pertunjukkan wings of time setiap hari 2x show, pertunjukkan perpaduan air mancur, laser, lampu led, music, kembang api dan bola – bola api. Show air mancur menari ini berlangsung di tepi pantai. Selain wings of time, kita pun bisa jalan – jalan di pantai siloso atau pantai Palawan. Pantai Palawan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai usia. Cocok untuk relaksasi bersama keluarga. Untuk masuk ke pantai Palawan ini juga gratis.

Setelah mengelilingi sentosa island, saya pergi ke daerah lavender. Dari harbour front naik MRT ambil jalur north east ke arah punggol, lalu turun di outram park. Di stasiun outram park ambil jalur east west warna hijau ke arah pasir ris. Kemudian saya turun di mrt lavender. Keluar mrt lavender, saya langsung menemukan food court. Ternyata food court ini letaknya di bawah hotel v lavender. Wah sangat stategis ya jika kita menginap di hotel v lavender. Lokasinya dekat dengan MRT, juga disekitar hotel banyak tempat makan, ada money changer, dan convenience store seperti 7 eleven. Berada di tengah kota, dekat jika ingin pergi ke bugis atau little india.

Kemudian saya berjalan kaki dari hotel v lavender ke area dekat masjid sultan dan kampong glam. Perjalananya kurang lebih sekitar 15 menit. Masjid sultan ini letaknya di muscat street. Lokasinya sangat strategis, Cuma 10 menit dari bugis street yang super ramai, dekat dengan bugis junction. Masjid sultan adalah masjid terbesar dan tertua yang ada di Singapura. Di sekitar masjid sultan, ada deretan toko – toko yang menjual kain – kain, parfum, restoran dengan menu khas melayu dan timur tengah dan banyak café – café kecil. Bagi umat muslim, bisa beribadah di masjid ini. Untuk yang non muslim kita bisa masuk sampai ke serambi. Tetapi saat saya berkunjung ke sana, kunjungan untuk para wisatawan sedang di tutup,  karna di masjid sultan sedang ada ibadah. Ciri khas dari masjid sultan adalah kubah emas yang besar dan cantik.

Selain mengunjungi masjid sultan, jangan lupa mampir ke haji lane. Haji lane ini adalah gang – gang kecil di arab street yang keren banget. Di tembok sisi kanan dan kiri banyak graffiti warna – warni. Kalau suka foto – foto, sangat cocok mampir kesini, untuk menambah foto – foto di feeds instagram kita. Pastinya dengan outfit yang keren dan kamera yang bagus!

Setelah sudah puas berkeliling di kampong glam, saya kembali ke sentosa island. Saya berjalan lagi ke arah bugis, untuk naik MRT dari stasiun bugis. Dari stasiun bugis ambil jalur downtown ke arah expo, lalu turun di stasiun Chinatown. Dari Chinatown ambil jalur north east ke arah harbour front. Di harbour front kita bisa naik monorail atau bus rws.

Kemudian saya dulu ke vivo city mall. Mall ini menghubungkan kota Singapura dengan Sentosa Island. Di sini kita bisa belanja barang dengan brand ternama, yang suka ada diskon. Di vivo city juga ada tempat makan namanya food republic di basement 2, untuk melihat makanan nya halal atau tidak, kita bisa melihat logo sertifikat halal di masing – masing kios.  Selain di basement 2, ada juga tempat makan di lantai 3. Selain itu vivo city mall adalah tempat transit jika kita mau ke universal studio Singapore. Jika kita naik ke lantai 3, maka kita akan menemukan stasiun monorail untuk ke sentosa island. Sudah cape berkeliling, akhirnya saya kembali ke hotel untuk berisitirahat dan packing baju karna besok adalah hari terakhir di singapura.

Pengalaman Liburan ke Singapura hari ke 3

jadwal flight pulang saya dari Singapore ke Jakarta jam 10 malam, saya masih punya waktu untuk jalan – jalan dan beli oleh – oleh. Sebelum berangkat saya sarapan dulu di restoran yang ada di sebelah hotel. Disini ada restoran Chinese, yang menjual berbagai mie. Saya memesan prawn noodle, 1 porsi harganya hanya 4 dolar. Rasanya cukup enak, mie nya kita bisa pilih mau pakai mie kuning atau kwetiau. Selain ada udang nya, ada campuran daging2 lainnya. Lalu kita bisa memillih mau yang kering atau pakai soup.

Setelah itu saya check out hotel dan titip koper, saya pergi ke garden by the bay. Taman terkeren yang ada di singapura. Dari hotel saya naik MRT di stasiun jalan besar ambil tujuan ke bukit panjang , lalu turun di stasiun bayfront. Sampai di bayfront, kita perlu jalan sekitar 5 – 10 menit dan naik lift atau tangga untuk sampai di depan pintu masuk garden by the bay.  Garden by the bay letaknya di belakang hotel marina bay sands.

Ternyata garden by the bay ini sangat luas. Di garden ada 3 bagian, yaitu super tree grove ( taman avatar – outdoor area),  flower dome dan cloud forest. Jika kita hanya jalan – jalan di bagian out door nya itu gratis, kita tidak perlu membeli tiket masuk. Tetapi jika mau masuk ke 2 rumah kaca flower dome dan cloud forest kita perlu membeli tiket masuk. Nah saya sudah punya tiket masuk ke garden. Jadi tidak perlu repot – repot antri untuk beli tiket. Dari depan garden by the bay, kita bisa jalan kaki atau naik shuttle ke area flower dome dan cloud forest. Posisi 2 rumah kaca ini sebelahan. Kalau kita jalan kaki sekitar 5-10 menit, kita cukup perhatikan plang yang ada di garden by the bay.

Di sepanjang jalan menuju ke flower dome dan cloud forest, kita akan melihat pohon – pohon avatar dan jembatan yang mengitarinya. Cuacanya cukup panas karna saya pergi ke garden by the bay jam 10 pagi. Jika kita pergi ke garden by the bay sore atau malam hari, kita akan melihat lampu berkelap kelip di pohon avatar. Dan di malam hari pun ada show garden rhapsody di sekitar pohon avatar.

Masuk ke flower dome terasa sangat sejuk, karna ini di dalam ruangan dan sudah pasti ada ac nya. Di flower dome terdapat banyak bunga – bunga yang disusun rapi, bunga nya pun akan berganti musim setiap 3-4 bulan sekali. Kali ini musim bunga nya adalah bunga anggrek. Sangat indah dan artistik. Kita pun bisa berfoto – foto dan duduk santai sambil melihat bunga – bunga.

Lanjut ke cloud forest, pertama kali masuk kita akan disambut oleh air terjun yang menjulang tinggi. Di cloud forest terdapat banyak tanaman dataran tinggi. Selain itu ada area the lost world, kita akan naik lift ke bangunan yang menyerupai gunung kemudian turun melewati jembatan yang mengitarinya. Dari atas lost world kita bisa melihat pemandangan marina bay sands. Sungguh petualangan yang seru dan menyenangkan.

Dari garden by the bay, saya lanjut pergi ke orchard road. Pengalaman Liburan ke Singapura Di orchard road ada banyak deretan mall yang menjual barang – barang high end, seperti LV, tifanny & co, dior, prada dan masih banyak lagi. Beberapa mal di orchard, ada ion orchard, lucky plaza, ngee ann city. Kalau ke orchard road jangan lupa membeli es krim uncle, es krim ini dijual oleh bapak – bapak tua makanya disebut es krim uncle. di sepanjang jalan kita akan melihat beberapa stand yang menjual es krim ini. Pilihan rasa es krim cukup beragam, kita bisa memilih mau pakai sandwich, wafer biscuit, atau hanya es krim di dalam cup. 1 eskrim harganya 1,2 dolar, cocok di nikmati di siang hari yang terik sambil duduk – duduk santai melihat orang lalu lalang di orchard road. Selain makan es krim, kita bisa berfoto – foto di patung – patung warna di store yang ada di orchard, atau mampir ke daiso japan yang ada di ion orchard. Di store ini menjual berbagai macam barang yang harganya hanya 2 dolar.

Kemudian saya melanjutkan perjalanan ke Chinatown, pusat tempat menjual oleh – oleh di kota Singapore. Di sini kita bisa membeli gantungan kunci, coklat merlion, tas dan kaos bergambar Singapore, tag koper . lokasinya sangat dekat dengan MRT Chinatown. Di sepanjang jalan, kanan kiri banyak toko yang menjual souvenir. Selain itu juga ada resto Chinese food, toko obat, dendeng pork. Untuk makanan yang halal kita bisa makan di mcdonald atau kfc.

Setelah membeli oleh oleh di Chinatown, saya kembali ke hotel untuk ambil koper. Dan menuju ke changi airport. Saya berangkat dari terminal 4. Sebelumnya saya mampir dulu ke jewel changi yang baru buka sekitar bulan april kemarin. Lokasinya dekat dengan terminal 1.  Dari terminal 4 kita perlu naik bus transit ke terminal 2, lalu dari terminal 2 naik skytrain ke terminal 1. Kita boleh jalan – jalan di jewel sambil bawa koper. Salah satu icon di jewel adalah air terjun indoor tertinggi di dunia. Jewel changi airport ini seperti mall masa depan, bangunannya luar biasa megah dan berteknologi canggih.

Sekian dulu cerita dari saya mengenai Pengalaman Liburan ke Singapura, sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

Cek tiket tiket wisata di SunburstAdventure ya gaes.