Your Bestfriend for Travel & Adventure Since 2006

Cara Keliling Sentosa Island Mudah dan Gratis

Ketika kita tiba di Sentosa Island, entah dengan menggunakan kendaraan apapun (misal naik MRT, taxi, bus, sentosa express, cable car atau berjalan melewati sentosa broadwalk) tentu selanjutnya kita ingin berkeliling pulau sentosa dan mengunjungi beberapa destinasi yang ada di Sentosa Island. Artikel ini akan membahas cara keliling sentosa island

Bagi wisatawan yang on bugdet, tentu yang ada di pikiran adalah bagaimana agar kita bisa keliling pulau dan bergerak dari satu titik ke titik lainnya dengan biaya semurah mungkin. Kabar baiknya, banyak sekali pilihan kendaraan umum gratis yang bisa kalian manfaatkan untuk mengeksplorasi Pulau Sentosa.

Beberapa pilihan kendaraan yang bisa kita gunakan untuk keliling di sentosa island:

Naik Monorail Sentosa Express

Monorail ini sangat populer di Singapore, kereta ini menghubungkan antara sentosa island dengan harbour front. Sentosa express memiliki 4 station.

• VivoCity Station
    Stasiun pertama yang kita naiki saat tiba di vivo city
  • Resorts World Station
    Jika kita turun di stasiun ini kita bisa mengunjungi beberapa destinasi seperti Universal Studio Singapore, SEA
    Aquarium, Adventure Cove Waterpark dan Trickeye museum
  • Imbiah Station
    Kita bisa  turun di stasiun ini  jika mau ke Cable car, Madame Tussauds Singapore, Butterfly Park & Insect Kingdom, Luge & Skyride, 4D adventure Land
  • Beach Station
    Di stasiun ini kita bisa mengunjungi Wings of time, pantai Palawan, pantai Siloso, Ifly Singapore, Luge & Skyride, Megazip Adventure, Segway Adventure

Cara Keliling Sentosa Island Hanya bayar 1 kali, kita bisa puas keliling sentosa island dan gratis!

Jika kita menggunakan monorail di dalam wilayah Sentosa, kita tidak dikenakan biaya sama sekali seberapa sering pun kalian naik dan turun. Selain itu, jika kereta bergerak ke luar wilayah Sentosa yaitu menuju ke VivoCity Station kita juga tidak dikenakan biaya sama sekali.

Ibaratnya Monorail Sentosa Express itu seperti pintu masuk ancol, merupakan kawasan hiburan terpadu. Di dalamnya ada Universal (seperti dufan), Aquarium, Waterpark dan sebagainya. Masuk pertama kali bayar di gate. Uang pintu masuk ancolnya include di tiket MRT. Nah setelah pas di dalam Sentosa Island, aneka Transportasinya sudah gratis.

Sistem monorail Sentosa Express dioperasikan oleh Sentosa Development Corporation.

Monorail ini terlihat kecil, tapi total kapasitasnya bisa mencapai 4000 penumpang per jam. Keberangkatan pertama mulai dari jam 7.00 pagi, jadwal kereta terakhir jam 12.00 tengah malam.

Cara Menuju Sentosa Island dengan Monorail

• Pertama kita dapat naik MRT North East Line (Purple Line) dan circle line (Yellow line) turun di stasiun Harbour Front.
  • exit dari stasiun ini adalah Mall Vivo City.
  • Selanjutnya kita naik ke lantai 3, paling atas. Bisa Naik Eskalator atau Naik Lift.
  • Kemudian kita akan langsung melihat monorail sentosa express.

Untuk naik sentosa express kita perlu membeli tiket seharga 4 SGD. Untuk membeli tiket tersebut bisa menggunakan kartu ezlink langsung tap saja atau dengan membeli tiket di mesin vivo city.

Cara Keliling Sentosa Island naik Shuttle Bus / Tram Gratis

cara keliling sentosa island naik bus
cara keliling sentosa island naik shuttle

Ada dua rute bus utama di Pulau Sentosa yang menawarkan perjalanan gratis. Bus A dan Bus C melayani bagian barat Sentosa, sedangkan Bus B menghubungkan ke tempat-tempat wisata di sisi timur Sentosa.

Sentosa Bus  A

Melayani rute Beach Station – Imbiah Lookout – Siloso Point – Resorts World Sentosa – Beach Station
Jam beroperasi: 7 pagi – 12:10 pagi (Setiap hari)
Bus terakhir berangkat dari stasiun Beach jam 12.10 pagi
Bus berangkat Setiap 10 – 15 menit

Sentosa Bus B

Melayani rute Beach Station – Sentosa Cove / W Hotel – Palawan Beach – Sentosa Golf Club – Beach Station
Jam beroperasi: 7 pagi – 12:10 pagi (Setiap hari)
Bus terakhir berangkat dari stasiun Beach jam 12.10 pagi
Bus berangkat setiap 15 – 20 menit

Sentosa Bus C

Melayani rute Beach Station – Resorts World Sentosa – Imbiah Lookout – Siloso Point – Beach Station
Jam beroperasi: 8 pagi – 10 malam (Setiap hari)
Bus terakhir berangkat dari stasiun Beach pada pukul 22:00
Bus berangkat setiap 15 menit

cara keliling sentosa island naik tram

cara keliling sentosa island Naik Beach Shuttle / Tram

Ini adalah tram yang khusus beroperasi di area pantai-pantai Sentosa, yaitu Palawan Beach, Siloso Beach, dan Tanjong Beach. Koneksinya berada di Terminal Bus Monorail Beach Station. Jadi kita naik bus atau Sentosa Express dan ingin lanjut naik Beach Tram, kita bisa turun di terminal atau stasiun ini.

Jam beroperasi:
mulai dari jam 9 pagi – 10:30 malam (Minggu – Jumat)
Shuttle Pantai Terakhir dari Stasiun Beach berangkat pukul 22:00
mulai dari jam 9 pagi – 12 pagi (Sabtu)
Antar-Jemput Pantai Terakhir dari Stasiun Pantai berangkat pukul 23:30 Beach Shuttle berangkat setiap 10 menit

Nah itu tadi beberapa kendaraan yang bisa kita gunakan untuk keliling sentosa island. Selain itu kita bisa naik cable car, opsi kendaraan berbayar untuk menikmati keindahan pulau sentosa dari atas. Untuk info lebih lengkapnya klik link berikut ini: https://www.sunburstadventure.com/tour-jual-tiket-singapore-cable-car-sentosa-island.html